Kamis, 15 Desember 2011

Tentang Penyakit Lupus

Pernahkah anda mendengar tentang penyakit lupus?? Sebagian dari masyarakat kita mungkin masih banyak yang baru mendangar salah satu penyakit ini. Maklum saja, penyakit ini merupakan salah satu penyakit baru. Tapi sebaiknya anda perlu waspada serta melakukan deteksi dini untuk langkah pencegahan maupun pengobatannya. Karena jika tidak tertangani dengan baik, penyakit ini dapat mengakibatkan kematian. Berikut ini beberapa penjelasan yang bisa saya –share– untuk mengenali penyakit lupus sedari dini.

Tentang Penyakit Lupus

Penyakit lupus adalah penyakit kronis yang merusak sistem kekebalan tubuh (imunitas) dan dapat memengaruhi berbagai macam jaringan, kulit, persendian, jantung, darah, ginjal, dan otak. Tidak sedikit penyandang penyakit lupus ini. Telah tercatat sekitar 5 juta jiwa dengan 100 kasus yang telah terdeteksi penyakit ini setiap tahunnya.

Nama lupus sendiri diambil dari bahasa latin yang berarsi seekor binatang yaitu srigala atau “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi . Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan , rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Dalam ilmu kedokteran, penyakit lupus disebut Systemic Lupus Erythematosus (SLE), yaitu ketika penyakit ini sudah menyerang seluruh tubuh atau sistem internal manusia. Dalam ilmu imunologi atau kekebalan tubuh, penyakit ini adalah kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS. Pada Lupus, tubuh menjadi overacting terhadap rangsangan dari sesuatu yang asing dan membuat terlalu banyak antibodi atau semacam protein yang malah ditujukan untuk melawan jaringan tubuh sendiri. Dengan demikian, Lupus disebut sebagai autoimmune disease (penyakit dengan kekebalan tubuh berlebihan).

Jenis penyakit Lupus :
1. Cutaneus Lupus, seringkali disebut discoid yang memengaruhi kulit.
2. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang menyerang organ tubuh seperti kulit, persendian, paru-paru, darah, pembuluh darah, jantung, ginjal, hati, otak, dan syaraf.
3.  Drug Induced Lupus(DIL), timbul karena menggunakan obat-obatan tertentu. Setelah pemakaian dihentikan, umumnya gejala akan hilang.

Hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit Lupus kambuh :
- Menghindari stress
- Menjaga agar tidak langsung terkena sinar matahari
- mengurangi beban kerja yang berlebihan
- menghindari pemakaian obat tertentu

Tanda dan Gejala Penyakit Lupus

Gejala-gejala penyakit dikenal sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) alias Lupus. Eritomatosus artinya kemerahan. sedangkan sistemik bermakna menyebar luas keberbagai organ tubuh. Istilahnya disebut LES atau Lupus. Gejala-gejala yang umum dijumpai adalah:

  • Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
  • Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
  • Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.
  • Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit LUPUS ini
  • Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan.

Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.

Pengobatan Penyakit Lupus :

Untuk sembuh total dari penyakit ini, tampaknya sulit. Dokter lebih berfokus pada pengobatan yang sifatnya sementara.Lebih difokuskan untuk mencegah meluasnya penyakit dan tidak menyerang organ vital tubuh. Namun melihat dari jenis penyakit ini menyerang sistem imunisasi yang mengakibatkan kekebalan tubuh berlebih, maka solusinya adalah dengan menormalkan kembali sistem kekebalan tubuh.

Bagi anda yang saat ini terkena penyakit lupus, sebaiknya tidak perlu khawatir. Kabar baiknya adalah sebuah terobosan terbaru dibidang kesehatan yang telah menemukan salah satu obat alternatif yang menjadikannya sebagai solusi terbaik untuk mengobati permasalahan penyakit lupus yaitu obat lupus tradisional jelly gamat gold g. Bukan suatu harapan kosong lagi untuk anda yang menderita penyakit lupus yang merindukan kesembuhan, bahkan sejumlah orang telah merasakan kesembuhan dari penyakit lupus dengan jelly gamat gold g, klik >> obat lupus tradisional untuk informasi lebih lengkap.

Artikel terkait : obat tradisional asma

1 komentar: