Sabtu, 10 Desember 2011

Cara Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Penyakit infeksi saluran kemih merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang cukup banyak dialami oleh jutaan masyarakat setiap tahunnya. Penyakit ini kebanyakan dialami oleh perempuan, namun sering juga ditemukan beberapa kasus pada laki-laki. Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah jenis infeksi yang terjadi di saluran ginjal (ureter), kandung kemih (bladder), atau saluran kencing bagian luar (uretra).

Bakteri utama penyebab ISK adalah bakteri Escherichia coli (E. coli) yang banyak terdapat pada tinja manusia dan biasa hidup di kolon. Wanita lebih rentan terkena ISK karena uretra wanita lebih pendek daripada uretra pria sehingga bakteri ini lebih mudah menjangkaunya. Infeksi juga dapat dipicu oleh batu di saluran kencing yang menahan koloni kuman. Sebaliknya, ISK kronis juga dapat menimbulkan batu.

Mikroorganisme lain yang bernama Klamidia dan Mikoplasma juga dapat menyebabkan ISK pada laki-laki maupun perempuan, tetapi cenderung hanya di uretra dan sistem reproduksi. Berbeda dengan E coli, kedua bakteri itu dapat ditularkan secara seksual sehingga penanganannya harus bersamaan pada suami dan istri.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Penderita ISK mungkin mengeluhkan hal-hal berikut:

  • Sakit pada saat atau setelah kencing
  • Anyang-anyangan (ingin kencing, tetapi tidak ada atau sedikit air seni yang keluar)
  • Warna air seni kental/pekat seperti air teh, kadang kemerahan bila ada darah
  • Nyeri pada pinggang
  • Demam atau menggigil, yang dapat menandakan infeksi telah mencapai ginjal (diiringi rasa nyeri di sisi bawah belakang rusuk, mual atau muntah)

Tidak semua ISK menimbulkan gejala, ISK yang tidak menimbulkan gejala disebut sebagai ISK asimtomatis. ISK dapat disebabkan oleh kebiasaan yang tidak baik (kurang minum, menahan kemih), kateterisasi, dan penyakit serta kelainan lain.

Pencegahan

  • Perbanyak minum air
  • Berceboklah dengan cara dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke vagina atau uretra.
  • Bersihkan alat vital Anda sebelum berhubungan
  • Buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk membersihkan bakteri dari saluran kencing
  • Jangan menahan kencing bila Anda ingin buang air kecil
  • Mandi dengan gayung/shower, tidak dengan bath tub

Cara Menyembuhkan ISK :

Biasanya, cara menyembuhkan infeksi saluran kemih adalah dengan pemberian antibiotik dari dokter. Namun tahukah anda?? penggunaan antibiotik justru dapat menimbulkan berbagai macam efek negatif bagi kesehatan seperti infeksi jamur pada organ reproduksi perempuan, gangguan pada pencernaan, alergi, resistansi, gangguan fungsi jantung, dan lain sebagainya.

Salah satunya jalan alternatif yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit infeksi saluran kemih ini adalah secara tradisional dengan obat alami infeksi saluran kemih dari jus kulit manggis xamthone plus.

Seperti penjelasan sebelumnya, salah satu hal yang dapat mengakibatkan timbulnya infeksi saluran kemih adalah bakteri, dan didalam obat alami infeksi saluran kemih yang terbuat dari jus kulit manggis yang memiliki efek antibakteri. Kulit buah manggis diketahui mempunyai daya antimikroba terhadap beberapa jenis bakteri.

"Kulit buah manggis juga bersifat antijamur," ujarnya. Aktivitas antijamur hasil isolasi beberapa xanton (salah satu jenis zat warna pada manggis) yang berasal dari kulit buah manggis dan beberapa derivat mangostin terhadap jamur Fusarium oxysporum
f. sp. Vasinfectum, Alternaria tenuis, dan Drechela oryzae dapat menghambat pertumbuhan semua jamur tersebut.

Telah dilakukan pula penelitian terhadap aktivitas xanton dalam kulit manggis terhadap pertumbuhan Staphylococcus aureus yang resisten terhadap antibiotik metisilin. Hasilnya menunjukkan bahwa satu isolate aktif, alfamangostin, yang merupakan salah satu derivat xanton, menghambat pertumbuhan bakteri tersebut dengan MIC sebesar 1,57-12,5 µg/mL.

Penelitian antiinflamasi dari kulit buah manggis dilakukan dengan menggunakan mangostin dari ekstrak etanol 40 persen mempunyai aktivitas penghambatan yang kuat terhadap pelepasan histamin dan sintesis prostaglandin E2 sebagai mediator inflamasi. Ekstrak metanol kulit buah manggis mempunyai efek meredam radikal bebas yang kuat. Untuk informasi pemesanan klik cara pembelian

Artikel terkait : obat batu ginjal tradisional

3 komentar: