Kamis, 29 Desember 2011

Kenapa Telapak Tangan Sering Berkeringat

Timbulnya keringat di sekitar tubuh manusia merupakan salah satu hal yang wajar. Namun jika kadarnya berlebih itu yang harus diwaspadai. Salah satu permasalahan yang sering timbul adalah adanya keringat di telapak tangan. Berikut ini mari kita simak alasan kenapa telapak tangan sering berkeringat.

Telapak tangan yang berkeringat merupakan salah satu bentuk dari sensitivitas tubuh yang berlebihan. Daerah yang berkeringat ini dapat menjadi media tumbuh kuman maupun jamur, dan terkadang menimbulkan bau yang tidak sedap, dan hal inilah yang pada akhirnya menimbulkan rasa kurang percaya diri terlebih ketika berjabat tangan.

Alasan Kenapa Telapak Tangan Sering Berkeringat

Telapak tangan yang berkeringat berlebih dapat menunjukan permasalahan kondisi kesehatan tubuh seseorang. Gejala tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa kemungkinan. Kemungkinan kenapa telapak tangan sering berkeringat diantaranya yaitu :

1. Adanya kelainan atau gangguan pada selaput jantung

Menurut beberapa sumber, coba amati jari kelingking dan jari tengah, apabila tampak bengkok (tidak simetris) kemungkinan ada permasalahan pada organ dalam dan pembungkus jantung. Dan telapak tangan yang berkeringat menandakan seseorang mengalami gangguan pada selaput jantung. Tetapi untuk mengetahuinya secara pasti perlu pemeriksaan yang lebih spesifik baik dari laboratorium maupun dokter spesialis.

2. Produksi kelenjar keringat berlebihan yang merupakan bawaan (hiperhidrosis).

3. Faktor neurologis atau psikologis yang dapat dipicu oleh stres, rasa sakit, ketakutan, emosi, dll

4. Penyebab lainnya seperti : penyakit TBC, penggunaan obat-obat (kanker, AIDS, miastenia gravis, narkotik), udara panas,menopause, kanker, kegemukan, gangguan pada lambung, kerusakan syaraf akibat penyakit diabetes atau trauma saraf spinal,gangguan penyerapan air oleh ginjal, dan putus obat.

Jadi, pada intinya tangan yang berkeringat tidak selalu menunjukkan adanya kelainan pada jantung. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab gejala kenapa telapak tangan sering berkeringat sebaiknya di lakukan pemeriksaan lebih lanjut, baik pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang lainnya.

Cara Mengatasi Permasalahan Telapak Tangan yang Sering Berkeringat

 

1. Pahami penyebabnya.

Hal pertama untuk mengatasi telapak tangan yang berkeringat adalah memahami penyebab awalnya. Hampir semua orang pernah mengalami telapak tangan yang berkeringat.

Tetapi, biasanya telapak tangan berkeringat hanya merupakan kondisi sementara yang disebabkan oleh stres atau kecemasan. Misalnya saja, jika seseorang sedang ujian telapak tangannya akan berkeringat saat dia tidak bisa menjawab soal-soal ujian tersebut.

Untuk memahami penyebab kenapa telapak tangan sering berkeringat juga bisa dilakukan secara terperinci dengan melakukan penelitian akan

2. Carilah solusi dari penyebab yang paling jelas.

Kapan keluhan itu muncul? Apakah sudah timbul sejak kecil atau baru-baru saja? Apakah muncul hanya pada saat-saat tertentu atau terjadi hampir setiap saat? Dan juga apakah ada gejala-gejala lain seperti berdebar-debar, rasa tidak enak di dada atau ulu hati, sesak nafas?

Apakah Anda kelebihan berat badan? Mungkin orang yang kelebihan berat badan memiliki resiko lebih tinggi mengalami masalah telapak tangan berkeringat.

Berat badan berlebih mendorong tubuh untuk bekerja lebih keras. Hal ini bisa menyebabkan keringat berlebihan.
jika berat badan Anda turun mungkin jumlah keringat yang keluar pun akan berkurang.

Solusi sederhana lain adalah dengan menggunakan medicated powder atau bedak tabur yang disimpan dalam wadah kecil di saku atau tas. Tapi, Anda harus menggunakannya sedikit demi sedikit karena bisa menggumpal di tangan dan bisa membuat masalah menjadi lebih buruk.

3. Bawalah sapu tangan di saku Anda.

Membawa sapu tangan di saku akan memudahkan untuk mengeringkan keringat di telapak tangan.

Hal lain yang bisa Anda gunakan adalah produk antiperspirant untuk tangan dan kaki. Produk ini akan menjaga tangan dan kaki tetap kering.

Banyak atlet yang menggunakan produk yang disebut Tite-Grip untuk menjaga tangan mereka tetap kering saat bermain bowling, golf, tenis, angkat besi, dan olahraga lainnya yang memerlukan telapak tangan tetap kering.

4. Melakukan operasi thoracoscopic sympathectomy.

Terakhir, Anda harus memahami bahwa metode apapun yang Anda pilih untuk menjaga agar telapak tangan tidak berkeringat hanyalah sementara saja.

Satu-satunya cara penyembuhan secara permanen adalah dengan melakukan operasi.

Secara teknis masalah untuk telapak tangan yang berkeringat disebut dengan hyperhirosis dan operasi untuk mengatasinya disebut thoracoscopic sympathectomy. Seseorang bisa melakukan operasi tersebut tanpa harus dirawat inap di rumah sakit dan tingkat keberhasilannya sekitar 98%

Itulah beberapa alasan dan juga cara mengatasi permasalahan kenapa telapak tangan sering berkeringat. Semoga dengan artikel ini setidaknya dapat membantu anda untuk langkah pengobatan serta pencegahannya secara tepat. Selalu ingatlah jika tak selalu orang yang telapak tanggannya sering berkeringat merupakan penderita penyakit jantung. Lakukan pemeriksaan sedari dini untuk penanganan lebih cepat.

Artikel lainnya : obat asam urat tradisional, obat alami glukoma

14 komentar:

  1. makasih gan untuk infonya, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  2. mkasih setelah baca artikelnya sangat menarik dan bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. telapak tangan beringat ada hubungannya dg kesehatan jantung

    BalasHapus
  4. ouh gtt ya kk ,, baru tau aku .. thx infonya y kk sngt bermnfaat .. :) sucses selalu,,,,

    BalasHapus
  5. makasih wawasan saya bertambah denganmembaca artikel bapa.. sukses selalu y!!!!

    BalasHapus