Rabu, 07 Desember 2011

Khasiat Buah Apel Bagi Kesehatan

Buah apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Buah ini banyak dijajakan baik di pasar-pasar tradisional maupun pasar-pasar moderen lainnya. Buah apel (malus domistica) merupakan pengembangan dari pohon apel liar dari keluarga malus sieversii ataupun malus sylvestris yang banyak tumbuh di kawasan Asia tengah. Pengembangan polulasi tanaman ini terutama karena koloni hingga tersebar di berbagai belahan dunia.

Buah apel adalah menu sehat harian yang perlu anda konsumsi untuk hidup lebih sehat. Buah berkulit mangkilap yang berbentuk bulat dengan warna merah, hijau, atau kuning ini dikenal memiliki rasa yang manis renyah dan nikmat karena banyak mengandung air. Pemanis alami dalam apel mampu memasuki aliran darah secara bertahap, membantu menjaga kadar gula darah dan tingkat insulin stabil sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Berdasarkan judul postingan yang saya ambil daari beberapa sumber, berikut ini sejumlah khasiat buah apel bagi kesehatan.

Kandungan Gizi
Manfaat buah apel bagi kesehatan yang sangat penting adalah adanya kandungan zat yang bernama karoten dan pektin. Zat ini merupakan serat makanan yang mudah larut dalam air. Bahkan pektin dalam buah apel diketahui dapat memperbaiki pencernaan, dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan. Selain itu bila bertemu dengan vitamin C, pektin sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan gizi dalam setiap 100 gram buah apel segar meliputi kandungan energi sebanyak 58 kalori, karbohidrat 14,9 gram, protein 0,3 gram, dan lemak 0,4 gram. Sedangkan kandungan mineral dan vitaminnya meliputi kalsium 6 mg, kalium (107 mg), magnesium (5 mg), fosfor (10 mg), besi (1,3 mg), vitamin A (24 RE), B1 (0,04 mg), C (5 mg), niasin (0,1 mg), dan serat (0,7 gram).

Kecantikan
Manfaat buah apel bagi kesehatan lainnya juga cukup banyak. Diantaranya untuk mengatasi anti kanker, anti oksidan, menurunkan kadar kolesterol sehingga sangat baik untuk menyembuhkan penyakit jantung.

Kandungan mineral dalam apel juga sangat baik untuk kesehatan, seperti boron yang dapat menjaga kadar estrogen sehingga wanita yang memasuki masa menopause dapat terhindar dari pengeroposan tulang maupun risiko penyakit jantung.

Buah ini juga sangat baik untuk dijadikan menu diet bagi wanita yang ingin menjaga kesehatan dan kecantikannya. Kandungan apel yang rendah lemak dan kolesterol namun kaya energi dapat membantu kegiatan diet tanpa mengurangi stamina dan aktifitas kesehariannya.

Buah ini juga dikenal sebagai buah penyembuh berbagai penyakit rutin, seperti flu, sakit kepala, ataupun diare. Karena itu dianjurkan untuk sering-sering makan buah apel untuk menjaga stamina, kesehatan, dan juga kecantikan.

Melindungi Paru dan Mencegah Asma

Berdasarkan penelitian yang dikembangkan dari Britania Raya menyatakan, wanita yang mengonsumsi buah apel secara rutin saat mengandung bisa memberikan keuntungan kesehatan pada bayi yang akan dilahirkannya.

Selain itu, konsumsi apel bisa mencegah anak mengembangkan penyakit asma ketika usianya mencapai lima tahun. Buah ini juga dapat melindungi paru-paru orang dewasa, menurunkan resiko asma, kanker paru-paru, dan penyakit lainnya.

Redakan Diare
Kandungan serat apel ternyata terhitung tinggi, sebesar lima gram untuk setiap buah berukuran sedang. Jumlah ini lebih tinggi daripada kandungan serat pada kebanyakan produk sereal. Serat ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan.

Buah ini hampir tanpa lemak dan kolesterol, sehingga cocok dimasukkan sebagai menu orang yang sedang berdiet. Keluhan seperti sembelit pada orang diet, tidak akan terjadi bila orang tersebut memasukan apel sebagai bagian dari menunya.

Meski bermanfaat mengatasi sembelit, buah apel juga punya khasiat meredakan diare. Ini menurut Miriam Polunnin dalam bukunya "Healing Foods". Menurut buku tersebut, apel sangat bermanfaat untuk pencernaan.

Penelitian Konowalchuck J pada tahun 1978 mempublikasikan manfaat lain apel. Konowalchuck menyebutkan bahwa sari buah apel terbukti ampuh melawan berbagai serangan infeksi virus. Dengan sari apel, stamina dan kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik. Kondisi ini bisa menghindarkan tubuh dari serangan virus, terlebih pada saat pergantian musim seperti sekarang ini.

Melawan Kanker
Lab penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam buah berair dan berdaging renyah ini mampu membunuh pertumbuhan sel kanker. Namun, khasiatnya akan bekerja baik jika buah ini dikonsumsi secara utuh.

Orang yang mengunyah lebih dari satu hari lebih, berisiko rendah menderita kanker, mulai dari kanker mulut, esofagus, usus besar, payudara, ovarium, prostat, dan lain-lain. Para penelitia Italia memperkirakan, mereka yang mengonsumsi apel secara rutin bisa mencegah penyakit mematikan ini 42 persen.

Mencegah Pikun Dikemudian Hari
Mungkin karena mereka meningkatkan produksi asetilkolin, zat kimia yang mentransmisikan pesan antara sel-sel saraf, sehingga kandungan apel mampu menjaga ketajaman otak seiring pertambahan usia, meningkatkan memori, dan berpotensi mengurangi kemungkinan mendapatkan penyakit Alzheimer.

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, mari kita konsumsi buah apel sedari dini untuk hidup lebih sehat. Ambil manfaat dari buah apel ini secara bijaksana, jangan takut akan pemborosan uang untuk membeli apel. Karena kesehatan lebih penting dari segalanya dan ditujukan untuk anda sendiri.

Artikel terkait :

1 komentar: